Lowongan Remote Working: Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Lowongan Remote Working kini banyak dilirik orang. Berikut ini cara mendapatkan lowongan kerja remote dari berbagai situs pencarian kerja terbaik.

RemoteWorker Indonesia, Erwin Santoso



Remoteworker.id - Di tengah situasi seperti sekarang ini, banyak orang makin mencari lowongan remote working daripada bekerja di lowongan kerja on site

Salah satu alasan utamanya adalah mereka tidak lagi harus datang ke kantor sehingga peluang tertular virus Corona menjadi lebih kecil. Alasan lainnya, ya hampir serupa dengan alasan orang bekerja remote pada umumnya: Bisa dekat dengan keluarga dan aman bersama mereka.

Terlepas adanya pandemi virus Corona, tren pencarian lowongan remote working ini sebenarnya sudah diprediksi akan meningkat sejak 2015. Hal ini tak lepas dari perkembangan teknologi jaman sekarang yang mendukung sistem remote work jadi makin mudah untuk diterapkan. Apalagi jika produk yang dihasilkan oleh perusahaan itu berupa produk digital.

Sebagai contoh, pekerja yang bergerak di bidang IT, tentu dapat menerapkan sistem remote work. Sebab pada dasarnya mereka bisa mengerjakan pekerjaan mereka seperti mengkoding hanya dari rumah saja dan tinggal mengirimkan hasil kodingan mereka via github.

Lho lalu bagaimana koordinasi dengan kolega lainnya?

Ya, mudah. Mereka dapat berkomunikasi via Slack atau Jira untuk mendiskusikan task yang harus dikerjakan.

Tak hanya di bidang IT, beberapa bidang lain seperti bidang periklanan digital juga mulai mengadopsi sistem remote work. 

Beberapa kolega kami yang menjadi digital strategist, copywriter atau desainer khusus sosial media di agensi periklanan memilih bekerja secara remote. 

Lho bukannya mereka harus ketemu klien untuk pitching ide atau PPM? 

Tak perlu khawatir, mereka cukup bertatap muka dan berdiskusi lewat video call via zoom atau google meeting.

Selain bidang swasta, pada level instansi pemerintahan juga mulai menerapkan sistem remote working, lho. Misalnya saja seperti Bappenas dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sudah memulai sistem kerja remote secara full pada Mei 2020. 

Nah dari sini, mungkin diantara kalian sudah ada beberapa yang tertarik untuk bekerja secara remote. Akan tetapi, karena masih baru, mungkin kalian merasa kebingungan harus mencari lowongan remote working di mana.

Tenang saja. Kami dari tim RemoteworkerID akan membongkar bagaimana cara mendapatkan lowongan remote working sehingga dapat membantu kamu mendapatkan lowongan kerja remote sesuai skill yang kamu punya.


  • Mencari di Situs Lowongan Kerja Terpercaya

Cara pertama untuk mendapatkan lowongan remote working adalah dengan mencarinya di situs lowongan kerja terpercaya.
Situs Lowongan Kerja Terpercaya Jobstreet

Sebagai seorang pekerja, entah itu fresh graduate atau sudah senior, kamu tentu pernah mendengar situs-situs loker terpercaya seperti JobStreet, JobsDb, Glints, Techinasia Jobs, Glassdoor dan lain sebagainya, bukan? 

Nah di situs-situs lowongan kerja terpercaya tersebut sebenarnya juga menyediakan lowongan pekerjaan dengan sistem kerja remote juga. Untuk mendapatkannya, yang harus kamu lakukan hanyalah menggunakan fitur filter, dengan spesifikasi remote work saja. 

Tapi ada juga situs loker terpercaya yang tidak menyediakan fitur tersebut. Misalnya seperti JobStreet.com yang tidak menyediakan filter untuk kerja remote. Tapi kamu masih bisa kok untuk mendapatkannya. Caranya adalah dengan menambahkan kata kunci "remote" di belakang pekerjaan yang sedang dicari. 

Nah mudah sekali bukan?


  • Mencarinya di Situs Lowongan Remote Working

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan lowongan remote working adalah dengan mengunjungi Situs Lowongan Kerja Terpercaya, khusus Remote Working.

Situs Lowongan Remote Working

Lho memangnya ada?

Ada, dong. Banyak sekali malahan. Berikut ini kami akan display beberapa website yang menyediakan website lowongan kerja remote. Jadi silahkan digunakan dengan benar ya:

Beberapa website lowongan kerja tersebut kebanyakan menyediakan lowongan remote working di bidang IT. Namun jangan khawatir, beberapa bidang dan jenis profesi lain juga yang ditampilkan di situs tersebut, kok. Yang terpenting, kamu telaten saja untuk mencarinya.


  • Mencari di Situs Freelance Terbaik

Cara ketiga untuk mendapatkan lowongan remote working adalah mencarinya di situs freelance terbaik.

Situs Freelance Terbaik

Di internet ada banyak sekali situs freelance terbaik yang bertebaran. Dalam situs-situs tersebut penghasilan yang kamu dapatkan bisa sangat tinggi, mengingat pembayaran rata-rata memakai Dollar atau Euro. 

Untuk lebih tau situs freelance global, berikut ini daftar situs freelance jobs terbaik:

Nah untuk kamu yang kurang fasih dalam berbahasa Inggris, jangan khawatir, ada juga website freelancer Indonesia. Tapi ya gitu, penghasilan yang bakal kamu dapatkan akan dinilai dengan mata uang Rupiah. 

Untuk lebih tau situs freelance lokal, berikut ini daftar website freelancer Indonesia:

Pada dasarnya situs freelance terbaik tersebut menyediakan pekerjaan per proyek. Akan tetapi ada banyak kasus juga, banyak klien mencari kandidat dengan cara memberikan test lewat proyek singkat. 

Jadi bila pekerjaan yang kamu kerjakan itu bagus, tepat waktu dan karaktermu menarik, kamu punya peluang besar diangkat jadi karyawan full time remote. 

Saran kami, bekerjalah dengan sebaik mungkin apabila kamu berhasil mendapatkan proyek di situ. Sebab siapa tahu bila pekerjaan kamu baik, kamu bakal diangkat menjadi karyawan tetap.

(Note editor: Terkait daftar situs freelance terbaik ini, kami akan coba untuk terus menambahkannya secara berkala. Jadi Kamu jika ada saran silahkan hubungi kami di sosial media ataupun berkomentar di kolom komentar)


  • Mencari di Grup Sosial Media atau Forum Online

Cara keempat untuk mendapatkan lowongan remote working adalah mencarinya di grup Sosial Media atau Forum Online.


Ada banyak grup di sosial media yang sebenarnya menampung banyak informasi mengenai lowongan kerja remote. Misalnya saja di Facebook, ada beberapa grup komunitas yang memang memberikan informasi mengenai lowongan remote working. Misalnya saja seperti:

Selain di sosial media, ada juga beberapa lowongan pekerjaan remote yang disebarkan di forum online. Salah satu yang sering jadi rujukan adalah Kami Kerja Remote.


  • Mencari Lewat "Orang Dalam"

Cara kelima untuk mendapatkan lowongan remote working adalah mencari lewat "orang dalam".

Dapat Remote working lewat orang dalam

Maksudnya "orang dalam" apa, sih? 

Orang dalam yang kami maksud adalah mereka yang tak lain adalah kolega-kolegamu saat masih bekerja secara on site, atau mantan klien yang pernah kamu bantu.

Kanal "orang dalam" ini bisa dibilang paling efektif, karena kamu tidak perlu pitching atau memperkenalkan servismu lagi seperti halnya ketika mencari di situs lowongan kerja atau situs freelance. 

Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Ya, dengan memperluas relasi dan membangun kualitas pada relasi.


  • Mencarinya Dengan Bergabung di Remoteworker.id

Cara keenam atau yang terakhir untuk mendapatkan lowongan kerja remote adalah bergabung di online course RemoteworkerID.

Komunitas Discord RemoteworkerID


Lho bukannya Remote Worker Indonesia itu bukannya platform kursus online untuk mempelajari bahasa pemrograman dan mentoring untuk bisa menembus pasar lowongan remote working? 


Well, itu benar. Tapi kamuketinggalan berita juga ternyata.

Jadi begini, apa yang kamu dapatkan itu benar adanya. Tapi itu baru sebagian saja. Sebab di RemoteworkerID juga ada forum komunitas, yang memungkinkan menjadi tempat pertukaran informasi tentang remote jobs.

Dan jujur, ada banyak member yang berhasil mendapatkan kerja remote dari forum tersebut. 

Nah cukup sekian artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu menjawab pertanyaan bagaimana cara mendapatkan lowongan remote working?

Sekarang kira-kira cara mana yang akan kamu pilih?