Cara Tetap Produktif Saat Work From Home

Ada banyak sekali gangguan atau pengalihan ketika seorang  bekerja di rumah atau work from home. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk tetap produktif selama work from home atau remote working

RemoteWorker Indonesia, Erwin Santoso

Tips Produktif Kerja Saat WFH - Bagi banyak perusahaan, tahun 2020 telah menghancurkan asumsi bahwa sistem remote work tidak membuat produktif karyawan.

Akibat pandemi hampir separuh perusahaan besar dan ternama menerapkan sistem remote working, dengan istilah work from home (WFH). Dan selama penerapan WFH tersebut, berdasarkan survey pertiga manajer HRD menemukan bahwa produktivitas karyawan di Amerika Serikat benar-benar meningkat. Semua lini bisnis, yang awalnya drop, pelan-pelan mampu bangkit.

Semua ini tak lepas akan kemajuan dan makin modernnya teknologi jaman sekarang, yang membuat sistem remote work makin mudah dan lebih efisien ketika diterapkan.

Tapi sistem WFH sendiri juga memiliki kekurangan. Karena ada banyak sekali gangguan atau pengalihan ketika seorang karyawan bekerja di rumah. Sementara bila kamu bekerja di kantor, gangguan rekan kerja dan ruang kerja yang ramai agak bisa lebih terkontrol.

Oleh karena itu, kami tim dari RemoteworkerID akan memberikan ada beberapa tips produktif kerja saat WFH.

1. Siapkan Ruang Khusus Kerja Saat di Rumah

Cara tetap produktif saat WFH yang pertama adalah dengan menyiapkan “ruang khusus kerja” saat di rumah.

Seperti yang sdah kami singgung sebelumnya, saat bekerja di kantor, kamu tentu sangat mudah untuk memisahkan pekerjaan dan kehidupan rumah secara mental. Namun, saat kamu kerja remote atau work from home, kamu kudu lebih berhati-hati. Karena ada banyak gangguan atau pengalihan ketika ada di rumah.

Oleh karena itu, jika memungkinkan, coba tentukan salah satu ruang di rumahmu sebagai "ruang khusus kerja".

Ruang ini harus dibatasi untuk teman serumah, anggota keluarga, dan anak-anak (sebisa mungkin secara manusiawi). Ini juga harus memiliki koneksi WiFi yang kuat. Ini membantu menciptakan “batasan” antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Menciptakan ruang kerja seperti ini dapat membantumu tetap dalam mode kerja saat jam kerja dan menonaktifkan mode kerja saat waktunya untuk keluar.

2. Buatlah Agenda Kerja

Cara tetap produktif saat WFH yang kedua adalah membuat agenda kerja. Sama ketika saat bekerja di kantor, jam kerja yang telah ditentukan dapat membantu kamu tetap fokus pada pekerjaan saat dibutuhkan. Hal ini jelas akan meningkatkan produktivitasmu serta menciptakan kontrol akan aktivitas yang akan dilakukan.

Untuk tetap komitmen pada rutinitas, Dr. Amanda Caplan dari Universitas NorthShore, Fakultas Sistem Kesehatan memberi beberapa saran yang bisa kamu terapkan

  • Persiapkan dan buatlah rencana hari ini

  • Putuskan apa yang perlu ada dalam rutinitasmu

  • Tetapkan tujuan kecil yang sederhana

  • Bersikaplah konsisten dengan waktu

  • Lacak progres kerjamu

  • Beri reward ketika kamu sudah menyelesaikannya.

Satu hal yang penting kamu harus ingat, work life balance sangatlah penting, terutama jika kamu bekerja remote penuh waktu. Berkomitmenlah pada agenda yang sudah kamu susun agar dapat membantu menjaga keseimbangan itu.

3. Mulai Bekerja Lebih Awal Dapat Meningkatkan Motivasi

Cara tetap produktif saat WFH yang ketiga adalah mulai bekerja lebih awal.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Redbooth selama 2 tahun menemukan bahwa orang paling sering menyelesaikan tugas sekitar jam 11 pagi. Setelah itu, produktivitas turun selama sisa hari itu.

Oleh karena itu, cobalah mulai bekerja sesegera mungkin setelah menyelesaikan rutinitas pagi kamu (sarapan, mandi, kopi, dll.). Gunakan jam-jam produktif ini untuk menangani tugas terberat hari itu, atau untuk melakukan banyak hal kecil yang mudah dikerjakan.

4. Hindari Multitasking

Cara tetap produktif saat WFH yang keempat adalah menghindari multitasking.

Kemampuan Multitasking sering dipandang sebagai keterampilan yang mengagumkan, tetapi sebenarnya merusak produktivitas. Menurut berbagai penelitian, multitasking dapat menyebabkan:

  • Penurunan IQ untuk sementara dan menurunkan kepadatan materi otak

  • Mengurangi rentang perhatian, memengaruhi pembelajaran, dan mengganggu memori kerja

  • Mengurangi fokus dan konsentrasi

  • Menghambat kreativitas dan inovasi

  • Merusak bagian otak yang bertanggung jawab atas kecerdasan emosional

  • Meningkatkan stres dan kelelahan

Untuk yang belum tahu, pilihan yang lebih baik adalah menyelesaikan pekerjaan secara berkelompok dan menciptakan ruang mental untuk pekerjaan yang mendalam.

5. Istirahatlah Saatnya Waktu Istirahat

Cara tetap produktif saat WFH yang pertama adalah beristirahat saat waktunya istirahat.

Waktu untuk beristirahat ternyata sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Dalam sebuah penelitian, ada hasil yang cukup mengejutkan di mana ternyata bahwa orang yang tidak istirahat, justru akan kurang produktif saat bekerja.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa orang yang sering istirahat bisa memiliki ritme  waktu produktif yang lebih lama hingga selama 52 menit.

Oleh karenanya, mereka memberikan saran agar ketika kamu benar-benar menikmati waktu istirahat dengan maksimal, entah itu dengan berolahraga, menghabiskan waktu bersama anggota keluarga atau hanya sekedar makan siang.

Coba jauhi komputermu agar istirahatmu bisa maksimal sehingga dapat fokus dan energimu benar-benar diperbaharui. Intinya, dengan meluangkan waktu untuk dirimu sendiri dapat membantu kita untuk tetap waras dan produktif sepanjang hari.

6. Tunda Tugas Rumahmu Saat Jam Kerja

Cara tetap produktif saat WFH yang keenam adalah menunda tugas rumahmu saat sedang jam kerja.

Saat bekerja dari rumah, kamu mungkin akan tergoda untuk mengurus tugas rumah, entah itu untuk mencuci piring, menyapu lantai, membersihkan kutu yang ada di kucing atau anjing peliharaan dan lain sebagainya.

Kami sangat menyadari tugas-tugas rumah tersebut tentu ingin segera kamu kerjakan. Karena bila tidak, ada muncul rasa risih dalam pikiranmu. Tapi percayalah kepuasan yang muncul setelah kamu menyelesaikan tugas-tugas rumah tersebut hanyalah fana.

Karena ujung-ujungnya waktu kerjamu jadi tersita karena sudah mengabaikan tugas-tugas kantor yang sudah kamu tentukan.

Oleh karena itu, hal yang bisa kamu lakukan untuk menanggulanginya adalah dengan tetap fokus pada pekerjaanmu.

Nah bila sudah masuk jam istirahat atau jam makan siang, kamu bisa mulai mencicil tugas rumah tersebut. Beri estimasi waktu 10-15 menit untuk mencicil tugas rumahmu bila memang banyak.

Oh, iya, jangan pakai semua jam istirahatmu untuk menyelesaikannya. Karena seperti poin sebelumnya, kamu juga butuh waktu istirahat agar dapat memperbaharui fokus dan energimu.

7. Akhiri Pekerjaan dengan Menutup Tools Kerjamu yang ada di Laptop atau Komputer

Cara tetap produktif saat WFH yang ketujuh adalah tutup laptop atau komputermu ketika waktu kerja telah usai.

Pada akhirnya, ketika waktu kerjamu benar-benar sudah usai, ini saatnya yang sangat penting untuk beralih dari mode kerja ke mode kehidupan rumah.

Tutup semua tools kerja yang ada di laptop atau komputermu. Alihkan pikiranmu ke hal-hal lain. Misalnya saja, melanjutkan cicilan tugas rumahmu tadi, bermain dengan hewan peliharaanmu, menyiapkan makan malam, nonton netflix dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Cara tetap produktif saat WFH yang kami sajikan di sini bisa dibilang merupakan kompilasi pengalaman pribadi. Kamu bisa menerapkannya, memodifikasinya atau bahkan menyusun ulang cara yang sesuai dengan kebiasaan dan tantangan yang kamu hadapi.

Yang terpenting, selalu ingat untuk tetap jaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan personalmu dengan baik. Meski beberapa terdengar mustahil dan sulit untuk dilakukan, tapi dengan bantuan alat, teknik, dan batasan yang tepat, kamu bisa menciptakan ruang dan waktu produktif tanpa membiarkan pekerjaan mengganggu kehidupan pribadimu.