Apa Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dan Remote Work?

Ini adalah kelebihan dan kekurangan Freelancer dan Remote Work yang merupakan seri pengenalan Remote Work

Eko Suprapto Wibowo

Introduction: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dan Remote Work

Bekerja dari rumah atau remote work ke perusahaan-perusahaan di Luar Negeri belum menjadi budaya mainstream di negara kita. Padahal istilah tersebut sudah ada sejak jaman dahulu. Akan tetapi sekarang, sejak pandemi melanda trend remote work sudah mulai terlihat. Sayangnya ada kesalahpahaman akan esensi dari remote work, yang celakanya masih sering terjadi.

Sebagai contoh, masih banyak CTO/CEO perusahaan IT yang enggan me-remote-work-kan develepernya. Alasan klasik adalah performa, yakni perusahaan masih tidak bisa mempercayai bahwa karyawan akan bekerja jika tidak disuruh berangkat 9-5pm dengan absensi ketat.

Bahkan pekerja IT sendiri juga masih banyak yang meragukan aspek finansial dari pekerja remote: yaitu, "Apa mungkin saya mendapatkan income bulanan yang mencukupi untuk kebutuhan saya? Bukankah pekerja remote itu pendapatannya tidak tetap?"

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan mengakan live stream untuk membahas aspek remote work yang belum dipahami banyak orang: Remote Long Term Employee.

Materi Live: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dan Remote Work

Acara ini sudah ditayangkan pada tanggal 21 September 2019 jam 19.30 s/d 20.00, Rekamannya dapat Anda lihat di sini.