Dukungan Penuh Kami untuk Institusi Pendidikan di Indonesia

Setelah meraih kemerdekaan, pendidikan adalah pekerjaan rumah terbesar bangsa ini: bukan politik, bukan ekonomi atau militer sekalipun. Kemiskinan adalah lingkaran setan yang hanya bisa diputus dengan pendidikan. Kemajuan sebuah negara sangat tergantung dengan seberapa besar bangsa tersebut mengutamakan pendidikan dibanding aspek-aspek kebangsaan lainnya.

Mengesampingkan budget, masalah besar lainnya yang dihadapi dunia pendidikan adalah adanya gap besar antara kemampuan sumber daya pendidikan dalam menyediakan lulusan-lulusan yang bisa memenuhi harapan dunia industri sebagai konsumen utama knowledge worker. Sedemikian besarnya gap ini, sehingga begitu banyak meme dan dark joke yang bernada: "Kerja ga butuh ijazah".  

RemoteWorkerID yang telah memulai cikal bakal berdirinya di tahun 2017 --dengan nama yang sulit dieja: Pythonthusiast--, secara konsisten terus berusaha memahami cara meminimalkan gap ini. Kami masih berproses, namun beberapa point yang sudah kami pahami sebagai masalah adalah sebagai berikut:

  • Rendahnya kepercayaan diri kita dalam menggunakan bahasa Inggris, padahal bahasa tersebut adalah kunci dalam komunikasi internasional.

  • Kurangnya pemahaman tentang personal branding di era internet, sehingga begitu tingginya usaha untuk meningkatkan skill terasa sia-sia karena tidak adanya sama sekali usaha untuk meningkatkan personal branding tersebut.

  • Kurangnya pengetahuan akan demand pasar yang sesungguhnya terhadap skill, sehingga skill yang dipelajari selama bertahun-tahun menjadi sia-sia. Hal inilah yang menjadi landasan dari munculnya joke yang tidak sepenuhnya salah: "Kerja ga butuh ijazah".

Sampai dengan 2021 ini kami telah sukses membimbing member-member kami menembus pekerjaan jarak jauh ke luar negeri dengan latar belakang yang begitu beragam: newbie, beginner, expert, IT, non-IT, mahasiswa bahkan ibu rumah tangga. Ada atau tidak adanya latar belakang IT tidak menjadi masalah, namun yang menjadi masalah adalah jika member tidak bisa memberikan komitmen meluangkan waktu setiap hari minimal 2-3jam (atau memulai dari jam 5 pagi!) untuk menuntaskan materi-materi yang sudah kami susun secara holistik.

Dengan rangkaian keberhasilan itu, saat ini kami mulai membuka peluang bagi institusi resmi akademis untuk bekerjasama dengan kami dalam menuntaskan tiga persamalahan dalam dunia pendidikan yang sudah kami sebutkan di atas. Kita akan bekerja bersama-sama sebagai partner yang seiring sejalan, dalam mengantarkan anak didik kita mencapai tujuan pendidikan yang diidam-idamkan  kita sebagai penyelenggara pendidikan: peningkatan kualitas hidup anak didik.

Meski kami telah memiliki standar dan jadwal eksekusi program mentoring kami, namun penyesuaian dengan partner institusi pendidikan sangat mungkin dilakukan. Bahkan, sangat diharapkan. Karena dengan hal itu, kami akan memiliki perspektif baru yang akan sangat membantu kami dalam menyempurnakan platform RemoteWorkerID.

Untuk biaya, berikut adalah kebijakan yang kami terapkan untuk institusi pendidikan, yang kami sesuaikan berdasarkan pricing policy kami:

  • Biaya dihitung berdasarkan jumlah siswa didik yang diampu di RemoteWorkerID.

  • Pendidik mendapatkan full access ke keseluruhan materi Bootcamp yang ada di RemoteWorkerID, dengan ini pendidik dapat mengikuti belajar siswa dan sekaligus meningkatkan skill.

  • Meski siswa didik akan didukung belajar seumur hidup (tidak ada batas waktu), namun karena institusi pendidikan memiliki waktu belajar yang terukur, maka tiap siswa akan diberikan waktu dan target pembelajaran yang disesuaikan dengan peraturan institusi pendidikan. Sebagai contoh 1 semester atau 1 tahun, siswa didik sudah harus menuntasan keseluruhan materi dan menembus remote work/kerja jarak jauh.

  • Secara umum pendidik dari institusi pendidikan tidak perlu melakukan proses ajar, karena mekanisme pengajaran sudah diatur oleh RemoteWorkerID. Yang perlu dilakukan adalah melacak progress belajar anak didik dan menentukan target belajar. Selain itu, pendidik juga berkewajiban untuk ikut memastikan anak didik disiplin dalam menyelesaikan tahapan Upgrade Skill, Publisher dan Mastering Remote Work.

  • Materi yang diajarkan adalah Tiga Jalur Boocamp yang ada di Bootcamp Full Online + Lifetime Server Access (total biaya Rp. 5.000.000,00) dengan satu tujuan akhir: membuat anak didik menguasai semua skill yang dibutuhkan untuk bisa mandiri di dunia digital dengan bekerja secara jarak jauh ke perusahaan luar negeri atau sebagai publisher di Google Adsense, Youtube atau AdMob.

Silahkan mengacu pada tabel di bawah ini untuk mengetahui biaya pendidikan yang dibutuhkan:




Jika masih ada hal-hal yang perlu ditanyakan, kami bisa langsung dihubungi via link Whatsapp ini.
Terimakasih!



Eko S. Wibowo
CEO & Founder